Istilah-Istilah Dalam Google Adsense



Kalau Anda seorang Blogger, pasti ga asing mendengar yang namanya Google Adsense, tapi bagi Anda yang bukan blooger istilah Google Adsense pasti sangat asing  di telinga Anda, disini saya seorang blogger (meskipun masih amatir, hehe) akan berbagi pengetahuan dengan Anda tentang  peristilahan dalam Google Adsense.

Google Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet  yang diselenggarakan oleh google. Melalui program periklanan Adsense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaanya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materialnya  telah ditentukan oleh google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan yang dilink oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai system Pay Per Click (PPC) atau bayar per clik. Adakalanya pemilik situs web atau blog mendapatkan keuntungan dari setiap 1000 impression/ tampil ( Paid Per Impression), akan tetapi metode ini hanya berlaku untuk iklan-iklan tertentu dan dibuka dinegara-negara tertentu pula.
contoh Google Adsense

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google Adsense juga menyediakan adsense untuk pencaraian (adsense for Search) dan iklan arahan (Referral), pada adsense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang pencarian Google dihalaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang lanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Jadi, tidak semua hasil pencarian itu berupa iklan yang dibayar, Biasanya yang diberi kotak dan bertuliskan”Ads by google”. Pada iklan arahan (Referral, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung (biasanya berupa mendaftar, mendownload, membeli, atau menggunakan produk) yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut, setelah kita mengerti tentang Google Andense baru kita sekarang mengenal Istilah-Istilah dalam Google Adsense.
  1. Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan Iklan Adsense  di situs mereka.
  2.  Ad units adalah iklan Adsense itu sendiri
  3. Link units hamper sama dengan Ad units tetapi formatnya mirif dengan menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Pembeda link units dengan Ad units adalah pada saat pegunjung meng-klik iklan ini. Pada link units ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad unit yang ada di halaman tersebut. Link units menghasilkan pemasukan uang lebih banyak dibandingkan dengan Ad unit biasa
  4.  Adsense for content adalah iklan Adsense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul berhubungan dengan isi halaman tersebut (kontekstual). Ad units dan link units termasuk ke dalam Adsense for content
  5. Alternate ads adalah iklan yang muncul ketika iklan utama yang kontekstual dengan isi web habis. Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate ads atau iklan alternative. Jika Ad units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternatif  ads tidak muncul akan keluar iklan alternative yang telah diatur sebelumnya.
  6.  Channels adalah  semacam label yang dapat diberikan pada Ad units, Link units, Adsense for search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label. Sebaliknya, satu label dapat digunakan  untuk lebih dari satu iklan. Di halaman laporan google Adsense akan dikelompokan berdasarkan Channels, sehingga memudahkan publisher untuk menganalisa performa Adsense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang  sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin  lebih detail, diberikan nama Channels yang berbeda  pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Maksimal jumlah Channels yang di perbolehkan yang diperbolehkan adalah 200 kanal.
  7. Page impressions adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang memuat Ad unit dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad units yang ada di dalam halaman bersangkutan.
  8.  Clicks adalah jumlah klik pada Ad units milik publisher. Dalam halaman laporan Adsense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan maupun berdasarkan Ad units atau Channelnya.
  9. CTR (Clik through rate) adalah perbandingan persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad units  dengan jumlah tampilan Ad unit tersebut. Misalnya, satu Ad units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali maka nilai CTR 25% (10:40)
  10. CPC (Cost per clik) adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk dan kualitas situs milik publisher. Secara umum, nilai maksimalnya adalah 20% dari nilai tawaran dinamis dari pemasangan iklan.
  11. ECPM (Effective CPM/Cost per million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman ( per. 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan  USD 200 dari 50.000  impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).


 Sumber:  Team Cyber. 2010. Jurus-jurus go Blog Menghasilkan Uang dari Blog. Jakarta :  HP Cyber Community

Share/Save/Bookmark

0 komentar: